Friday, May 26, 2017

Media Penyimpanan di Jaman Dulu, Dibandingkan dengan Jaman Sekarang

Teknologi dari hari ke hari semakin maju dan canggih, termasuk juga dalam media penyimpanan sebuah data. Jika dulu kita pernah melihat atau menggunakan disket sebagai media penyimpanan data di komputer, kini bermunculan media penyimpanan yang lebih variatif dan canggih dan simpel. Seperti harddisk, flash disk, SD Carddan banyak lagi.

Tapi tahukah kalian, dulu media penyimpanan gak sesimpel dan semudah sekarang. Butuh tempat yang ekstra namun kapastias penyimpanannya gak banyak. Seperti apa? Ini dia 7 diantaranya yang dilansir Jalantikus.com mengutip TechWorld.

1. Di tahun 2005 dulu punya kartu MicroSD kapasitas 128 MB saja senengnya bukan main. Bisa nyimpan foto, lagu, dan video di HP. Terutama yang format 3GP, ya kalian tahu sendiri lah. Hampir sepuluh tahun berikutnya, kapasitasnya lebih gede lagi.


2. Untuk menyimpan data sebanyak 5MB saja tahun 50-an butuh media harddisk segede ini. Bayangin, sekarang cuma seukuran buku saja kapasitasnya sampai 4TB.




3. Ada juga Enterprise Disk Storage yang dulu tahun 1992 cuma bisa menyimpan data sebesar berkapasitas hingga 2GB. Sekarang, lebih sempurna lagi karena bisa mencapai data hingga berkapasitas maksimum 720TB


4. Dulu bentuk dari NAND Flash Drive seperti piringan-piringan yang disusun, kapasitasnya cuma 200MB. Tapi sekarang nih, bentuknya lebih simpel, ramping dengan kapasitas lebih gede yakni 512GB lho.


5.Microdrive tahun 80-an sudah hampir segede bola sepak ya, kapasitasnya cuma 124 MB. Sekarang sih sudah seukuran ujung jari doang, kapasitasnya mencapai 5GB.


6. Media penyimpanan SSD di tahun 1996 dulu cuma berkapasitas 40MB saja, kini kapasitas dari pabrikan Samsung malah ada yang mencapai 960GB. Canggih banget kan?.


7.Meskipun dulu sampai sekarang ukurannya segede lemari, tapi soal kapasitas jangan ditanya lagi. Sudah ketinggalan jauh, dulu cuma 2MB aja segede itu. Sekarang Tape Catridges sudah berkapasitas 125PB. Wow banget ya?.


Itu dia sahabat sup, perbandingan media penyimpanan data dulu dan sekarang. Beda jauh ya perbandingannya?.