Saturday, May 27, 2017

7 Tips Sederhana Mengusir Kelelahan dan Meningkatkan Energi Saat Traveling

Saat liburan seperti sekarang mengisi waktru dengan traveling merupakan salah satu cara yang mengasyikkan. Apalagi liburan bareng teman, keluarga atau pacar. Bepergian ke tempat yang indag seperti pantai, pegunungan dan wahana lainnya memang terkadang sangat melelahkan, terutama jika tempat tersebut jauh dan melakukan perjalanan darat.

Namun jangan khawatir, karena ada 7 tips sederhana untuk mengusir kelelahan dan meningkatkan energi kita saat traveling. Apa saja tipsnya?.

1. Cara mudah dan sederhana pertama adalah dengan menguap. Seperti diungkapkan oleh Andrew Gallup, PhD, peneliti di Princeton University menguap adalah cara tubuh mendinginkan otak sehingga membuat otak terbangun. Makanya jangan ragu-ragu untuk menguap dan jangan ditahan.


2. Selanjutnya adalah dengan menggerakkan badan kita. Sebuah studi menyebutkan seseorang yang berjalan kaki selama 10 menit bisa mendapatkan efek tubuh kembali bersemangat selama dua jam. Jadi biasakan untuk jalan kemana-mana. Kalau pas lagi di hotel ya minimal muter-muter dalam kamar pun sudah cukup ya.


3. Di era yang semakin canggih seperti saat ini hiburan bisa datang dari mana saja dalam gadget kita. Salah satu cara untuk menghilangkan rasa lelah adalah menonton video-video lucu di Youtube atau televisi. Karena tertawa lepas bisa menaikan tekanan darah dan memacu kerja jantung. Hal ini bisa memacu semangat dan energi kita ketika merasa lesu. Coba deh kalau gak percaya.


4. Selain itu melihat sesuatu yang merah juga dapat meningkatkan energi lho. Sebuah riset menyebutkan bahwa melihat sebuah benda berwarna merah bisa memacu semangat kita. Jadi, melihat warna-warna menyala bisa membuat otot bekerja lebih cepat dan giat.


5. Lakukan peregangan tubuh untuk menambah energi. Misalnya, rutinitas pemanasan sebelum olahraga. Peregangan ini bisa dilakukan dengan olahraga ringan selama beberapa menit. Selain itu juga bisa dilakukan dimana saja dengan mudah.


6. Cara meningkatkan energi yang efektif adalah dengan berolahraga. Sebuah poling yang dilakukan Health.com menyebutkan 58 persen responden wanita merasa lebih berenergi setelah berolahraga. Jika kalian menginap di hotel dengan fasilitas pusat kebugaran, manfaatkan fasilitas ini. Berenang juga bisa menjadi pilihan lho, tapi kalau tidak ada naik turun tangga bisa jadi alternatifnya.


7. Langkah terakhir adalah makanlah makanan bernutrisi. Riset menyebutkan, asam lemak Omega-3 yang terkandung dalam ikan dan kacang-kacangan bisa meningkatkan mood dan fungsi otak. Nah, saat sarapan di hotel, manfaatkan momen ini dengan makan makanan bernutrisi ya. Mudah bukan?, selamat mencoba !.

3 comments

wew, bermanfaat dan sangat membantu sekali. nicepost gan! jadi bertambah wawasan saya. dan tips nya mudah dimengerti. thanks

Baca buku juga bisa menjadi alternatif biar nggak lelah saat melakukan perjalanan